Tentang Rasa Syukur (repost dari FB)

Apa yang kurang dari jogja???,….makanan murah, jalanan jarang macet,..apalagi suasana nyeni-nya sering menghadirkan inspirasi, untuk diri sendiri, ataupun inspirasi yang bisa dibagi. Tapi toh bagiku pertanyaan itu tetap hadir untuk mencari alasan penolakan atas sesuatu yang sering muncul dikepalaku akhir-akhir ini….

Jogja memang hampir sempurna, kecuali satu hal bagiku, bus tidak beroperasi hingga malam hari, jadi kalau masih berada di luar rumah diatas pukul lima, bersiap-siaplah menelfon taxi untuk mengantar pulang. konsekuensinya tentu saja harus mengeluarkan ongkos taxi yang sekian kali lipat dibanding ongkos bus yang murah. Masalah bus ini awalnya bukan hal yang sering kupermasalahkan. Toh jarak dari rumah ke kampus dapat ditempuh hanya dengan waktu 10 menit, dan lumayan murah meriah. lima ribu rupiah PP. yah lumayan seimbang dengan murahnya kontrakan yang kudapatkan dan berada di lingkungan teman-teman dari gorontalo (meskipun tetap saja kagak gaul hehe.he.). Tapi akhir-akhir ini masalah bus sedikit menjadi masalah bagiku.

Masuk laboratorium, berkutat dengan formulasi es krim, penambahan mikroemulsi, lebih menghabiskan banyak waktu dibanding kuliah biasa. belum waktu untuk mencari alat dan bahan di beberapa tempat yang belum kukenal sama-sekali. Denah sudah didapat, masalah selanjutnya, bus tidak melewati lokasi itu, pusing kan,….jalan terakhir ya taxi,..beberapa kali, harga bahan yang akan kubeli lebih murah dibanding Ongkos taxi yang harus kukeluarkan (he..he.he.).

Dua kali sudah pekerjaanku tertunda karena sudah sore, dan aku tidak bisa melanjutkan lagi karena hp-ku lowbat. Jika melanjutkan sampai hampir maghrib, aku tidak bisa menelfon taxi. Akhirnya pekerjaan terhenti dan dilanjutkan esok harinya.

Seperti juga sore ini, membuat es krim, dua perlakuan, tiga kali ulangan.Baru ulangan pertama jam telah menunjukkan pukul 3 sore. Mentega telah dicairkan, telah dicampurkan dengan telur, tak bisa menunda besok. setidaknya ulangan kedua harus jadi hingga selesai. Masih pasteurisasi, jam telah menunjukkan pukul 5.30 sore. kulihat lab disebelah kosong,..whuah,..jadi aku sendiri bekerja di lab lantai tiga ini??? rasa takut mulai mencolekku,…rasa tak betah mulai menusuk kakiku,… segera ku ambil hp, menelfon suami. setidaknya merasa memiliki teman bercerita (ha..ha.ha…)

Pukul 06.10 sore, akhirnya selesai juga. dengan segera kuturun ke lantai 1 dan menelfon taxi. Dua nomor telepon taxi yang kuhubungi semua penuh. Bingung,..kulihat ada sepeda didepan, bertanya pada satpam ” mbak, bisa nda sepedanya dipinjam”….”bisa, tapi sepeda itu ga’ ada remnya,..”….waduh,…jalan ke rumah ada turunan dan tanjakan,berbahaya jika tak ada remnya, sepedapun tak jadi kupinjam. Akhirnya aku berjalan keluar menunggu taxi didepan Perikanan,…sambil menunggu taxi,..khayalanku mulai berjalan,..enaknya kalau punya motor,..bla..bla..bla……….
tiba-tba lewat didepanku seorang ibu, dengan pakaian yang lusuh mendorong gerobak yang berisi minuman botol,..deg, hatiku langsung tersadar,..betapa tak syukur nikmatnya aku, berkhayal tentang sebuah motor, merasa kurang lengkap dengan yang kumiliki sekarang ini, sementara didepanku,..ada yang lebih susah daripada aku. Masih mending aku, berpakaian yang lebih layak, tak perlu mendorong gerobak, masih bisa menelfon taxi, masih bisa,…..masih bisa………masih bisa,…..Astaghfirullahuladzhim……..

Kutarik nafas panjang, senyumpun mengembang dibibirku, lanjutkan perjalanan. Didepan warung pak Ateng ini memang sulit mendapatkan taxi, jadi kulangkahkan kaki segera menuju perempatan kaliurang. tak henti hati berucap Alhamdulillah atas segala nikmat yang Ia berikan…………………………..(jogja 27/7/2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s