Cake Zebra Resep Ikhwan

Cake zebra sih biasa,..yang ini ada tambahannya,..”resep Ikhwan”🙂 …….why resep ikhwan???? karena resepnya dari kakak kedua di ikhwan:) kakak keduaku dapat resep dari sepupu,…di ikhwan juga,…kakak sepupu dapat dari kakak sepupunya lagi,…di ikhwan juga,..he.he.he…asli resepnya bingung juga dari mana🙂 …….jadi biar mudah bilang saja resep ikhwan :)  ups,…”ikhwan” disini bukan sejenis makhluk Allah bernama lain “laki-laki” seperti bahasa arab ya,…:) ikhwan itu nama Desakoe yang tercinta. Desa kecil di sudut kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara. Penduduk di kampung, jika dirunut silsilahnya memang masih ada pertalian darah semua, coz itu dinamakan ikhwan,…..

Bunda!!!!!kelamaan resepnya,…:);)…..  He..he.he… hampir lupa,…ini dia resepnya,..dijamin mudah, murah, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi,…….asal ikuti prosedur pembuatan dengan baik ya,…..

Bahan:

400 g mentega blueband (tips,…nyari Blue band murah???pilih yang curah saja selisihnya 10-ribu perak dibanding yang kaleng,…lumayan kan….:)

400 g gula pasir (bagi yang ga suka terlalu manis, 350 g cukuplah…:)

6 butir telur  1 sendok emulsifier (bisa gunakan SP atau TBM)

1/3 kaleng susu cair (merek apa saja silahkan:)

400  g tepung terigu (terigu khusus cake seperti cakra akan lebih baik🙂

50 g coklat bubuk (pake yang merek Van Houten enak deh🙂

50 g kismis (sebaiknya diiris kecil agar tidak merusak kue saat dipotong)

50 g kenari (dicincang, namun jangan terlalu kecil supaya masih terasa saat dikunyah)

Keju parut secukupnya

Cara Buat:

Campurkan gula pasir, telur, mentega dan emulsifier. Kocok dengan kecepatan pelan hingga mentega hancur lalu tambahkan emulsifier. naikkan kecepatan mikser hingga kecepatan maksimal. kocok selama 45 menit lalu tambahkan vanili dan susu cair. lanjutkan pengocokan selama 15 menit. setelah itu turunkan kecepatan mikser hingga kecepatan minimal lalu masukkan tepung terigu 350 g (ingat,..hanya 350 g, masih tersisa 50 g dari total tepung yang digunakan). Setelah terigu tercampur rata, hentikan mikser dan masukkan kismis dan kenari,lanjutkan pengadukan  dengan sendok hingga kismis dan kenari tercampur rata. selanjutnya bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian ditambahkan sisa tepung yang 50 g, dan bagian yang satunya ditambahkan coklat bubuk 50 g. Tuang adonan dengan menggunakan sendok pada 6 titik diwadah pembakaran cake. dimulai dengan adonan putih, lalu tambahkan adonan coklat diatasnya. Tuangkan sesendok demi sesendok pada setiap titik. setelah semua adonan habis, goyangkan wadah cake agar adonan rata dan oven pada suhu 175 celsius hingga matang. Tips dalam mengoven kue, bila menggunakan oven tangkring, panaskan oven sejak setengah jam sebelum pembakaran agar suhu oven sudah benarbenar panas dan stabil.  selamat mencoba,…:)  dibawah ada foto desaku yang tercinta (ikhwan-red)…karena foto cake nya belum ada foto ikhwan dulu ya…:)ntar foto cake sama tahap per tahap pembuatan kue akan di upload,……

Maspeke Sister’s di Dusun 6 Desa Ikhwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s