Bumbu dan Rempah Dalam Makanan Khas Indonesia I

Setelah mengenal beda bumbu dan rempah, sekarang kita mengenal bumbu khas Indonesia yuk Mom’s,…

Bawang merah : merupakan  jenis umbi yang berwarna merah. Pilihlah bawang merah yang padat dan kering. jika membeli dalam keadaan basah, jemur dibawah sinar matahari hingga kering dan simpan dalam wadah terbuka di tempat kering.

Bawang Putih; Jenis umbi yang merupakan salah satu bumbu dasar aneka masakan indonesia. Rempah jenis ini beraroma sangat tajam. Untuk tumisan dapat dimemarkan atau dicincang halus. untuk bumbu perendam dapat dihaluskan dengan parutan bawang. Cara praktis untuk mememarkan bawang putih adalah langsung dimemarkan dengan kulitnya karena kulitnya sangat mudah terkelupas. Bila bawang putih digoreng, jangan sampai berwarna cokelat karena akan memberi rasa pahit pada masakan.

Bawang Laki; jenis bawang putih bersiung tunggal dengan aroma yang lebih tajam dari bawang putih biasa. Bawang laki biasa digunakan sebagai penyedap hidangan laut, daging kambing, dan nasi kebuli. bisa juga santap mentah sebagai lalap atau acar dalam bentuk utuh. untuk aroma terbaik gunakan bawang laki yang kering

Kucai; masih termasuk tanaman bawang, bentuknya seperti rumput. iris halus untuk campuran pada tempe goreng tepung, bakwan dan taburan laksa.

Daun Bawang; member aroma bawang yang segar pada hidangan tumisan dan sup. Daun bawang jenis kecil aromanya lebih harum dan terasa lebih sedap disbanding jenis yang besar.

Lokio (bawang batak); sering digunakan untukmasakan khas sumatera utara (Batak) untuk menghilangkan bau amis pada makanan laut, disajikan segar untuk pelengkap lumpia semarang dan asinan sayur. Diolah utuh berikut batangnya sepanjang 10 cm.

Daun bawang chung; bentuknya mirip daun bawang, hanya lebih kecil  dan ramping. Member aroma bawang dan sedikit rasa pahit pada tumisan

Jahe; aromanya segar, tajam dan rasanya peda “panas”. Menghilangkan bau amis masakan laut. Pilih yang berwarna kuning tua.

Kunyit; digunakan untuk meberi warna kuning cerah pada masakaan seperti nasi kuning, bumbu kari, dan gulai. Juga untuk mengurangi bau amis ikan laut. Bakar lebih dahulu bersama kulitnya, baru dihaluskan bersama bumbu lain agar hidangan bercita rasa lebih sedap.

Lengkuas; termasuk kel;uarga tanaman jahe. Member aroma harum hidangan tumis atau bersantan. Kupas kulitnya lalu iris atau memarkan

Serai (sereh); termasuk jenis rumput-rumputan. Selain untuk penyedap masakan, juga member rasa harum pada minuman panas. Memarkan atau iris tipis pada bagian putihnya.

Kencur; aromanya sangat tajam dank has. Memberi  aroma segar pada urap dan sambal tempe. Penggunaannya dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Daun pandan; ada dua jenis daun pandan yaitu daun pandan wangi dan daun pandan hutan. Daun pandan wangi berhelai kecil untuk mengharumkan kue, pudding atau nasi . Daun pandan hutan berhelai daun besar dan tidak harum, untuk membungkus kue atau takir kue. Simpulkan dan cabik-cabik daun pandan wangi agar aroma harumnya lebih terasa.

Daun jambu biji; yang dipakai adalah bagian daun muda atau pucuk daun. Digunakan untuk member warna merah pada telur pindang.

Daun salam; memberi aroma harum pada masakan. Bisa untuk segala masakan mulai dari tumisan, gulai dan sayur bening. Masukkan daunnya utuh dalam masakan. Bisa menggunakan dalam bentuk segar atau kering.

Daun jeruk purut; memberi aroma dan rasa segar pada masakan. Untuk penggunaan, buang tulang daun dan cabik-cabik atau iris daunnya kemudian tumis atau langsung masukkan dalam masakan

Daun jati; daun pohon jati digunakan untuk memberi warna merah kecoklatan pada sayur gudeg, juga memberikan aroma khas pada nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun ini

Daun bangun-bangun; daunnya tipis dan berbulu, biasa digunakan untuk makanan Sumatra Utara. Dapat menghilangkan aroma anyir pada ayam. Pilih daun yang muda, kemudian masukkan ke dalam air mendidih.

Daun suji; pewarna makanan alami berwarna hijau untuk kue-kue tradisional yang memberikan aroma yang khas. Cara pakainya ditumbuk kasar atau halus, kemudian dilarutkan dengan air lalu diperas. Air perasan yang dicampurkan dengan adonan kue. Agar aroma kue lebih harum, tumbuk bersama daun pandan.

Daun Kunyit; member aroma gurih dan rasa kunyit yang lembut pada masakan Sumatra seperti gulai, kari atau kalio. Simpulkan dan cabik-cabik daun kunyit agar aromanya lebih kuat

Daun mangkokan; menghilangkanrasa anyir pada masakan otak sapid an ikan. Cara memakainya buang tulang daun dan iris tipis daunnya.

Daun miana (sere ako); sering dipakai untuk bumbu makanan khas toraja. Untuk menghilangkan bau tajam masakan daging kerbau. Cara pakainya dicampur dengan bumbu lainnya

Daun Kari (daun salam koja/daun temuru): dipasaran dijual dalam bentuk segar dan kering. Daun ini member rasa gurih masakan khas sumatera. Cara pakinya sama dengan daun salam, langsung dimasukkan dalam masakan.

Daun gedi; bentuknya mirip dengan daun singkong, biasanya terdapat di pekarangan rumah orang manado karena memang untuk member rasa gurih dan mengentalkan masakan khas manado terutama bubur manado. Penggunaannya dimasak dengan bahan lain hingga layu (be continued)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s